Langsung ke konten utama

Pengalaman adalah guru terbaik

Tik..tok..tik...tok..suara jam yang terus berjalan dan tak berhenti berputar. Kecuali baterai dalam jam itu memang sudah habis. Sama sprti waktu yang kita alami sekarang, tak akan pernah berhenti berputar. Walau..terkadang kita berharap dan meminta kepada Tuhan untuk menghentikan suatu waktu, hanya agar kita dapat benar-benar menikmati suatu masa. Entah itu masa dimana kita dapat bersama seseorang yang kita cintai, atau masa dimana kita dapat tertawa lepas dan melepaskan beban di hati.

Tapi kita hanya makhluk yang terbuat dari debu tanah yang diciptakan serupa dengan gambaranNya. Ya. Allah Sang Pencipta adalah Tuhan yang begitu mengasihi kita. Ia menciptakan alam semesta beserta isinya, termasuk kita. Ya. Kita.

Kita diciptakan dan menjadi makhluk paling sempurna dari seluruh ciptaan-Nya karena kita memiliki akal budi. Entahlah. Aku belum begitu tahu banyak soal ini. Dalam perkuliahanku, aku bersyukur masih bisa mengenyam pendidikan sampai di bangku perguruan tinggi. Apalagi, aku diberi kesempatan untuk berkuliah di salah satu Universitas Negeri di kota Jakarta. Aku mencoba untuk tetap dan terus bersyukur. Apa pun keadaannya! Ya. Mungkin memang bukan mau ku berada disini. Menjadi seorang Mahasiswi di Perguruan Tinggi ini dan dengan Jurusan seperti ini. Tapi aku percaya, Tuhan yang membawaku kesini. Aku percaya, karna Tuhan aku ada disini. Aku percaya, ada rencana indah yang Tuhan siapkan untuk ku nanti.

"Tuhan menyelidiki setiap hati, dan mengetahui niat serta cita-cita manusia"
Ya. Pagi ini, aku semakin diingatkan. Aku harus "mengutamakan pilihan Tuhan" dalam hidupku. Karna memang, aku ada di dunia ini bukan untuk aku sendiri, tetapi untuk menjadi rekan sekerja Allah dan melayani-Nya.
"Jadilah kehendak-Mu, dibumi seperti disurga.."

Aku ingin Tuhan lah satu-satunya yang memiliki otoritas tertinggi atas aku.

Tak akan pernah habis, kalau halaman ini harus dipenuhi rasa syukurku. Sama seperti setiap hal yang aku dapat dalam kehidupan. Setiap kegagalan yang aku rasakan. Setiap cobaan yang aku lewati. Itu semua menjadi pengalaman berharga dalam hidupku yang tak akan pernah terbilang harganya. Bisa bayangin? Angka nominal berapa yang kira-kira cocok untuk sebuah pengalaman berharga? Nggak ada!

Bersyukur. Kalau aku masih diberi kepercayaan oleh orangtua, masih diberi nafas kehidupan oleh Tuhan sehingga aku boleh menjalani hari-hariku dan bahkan boleh menemukan hal baru dalam setiap lika-liku hidupku. Aku memang seorang gadis yang memiliki hobi jalan-jalan ke suatu tempat, kemudian mencari infromasi dan melakukan hal-hal baru. Aku merasakan sistem demokrasi yang sangat kental dalam keluargaku. Bersyukur memiliki orangtua yang mampu bersikap demokratis terhadap anak-anaknya. Mereka memberikan aku sebuah kebebasan (kebebasan yang masih dalam nilai dan norma tertentu), dan juga kepercayaan yang amat besar.

Tanggung jawab ini lah yang aku pikul kemanapun aku pergi dan dimanapun aku berada. Aku sangat merasakan kepercayaan dan kebebasan yang semakin besar yang mereka berikan kepadaku, seiring dengan bertambahnya umurku.

Ada banyak pengalaman yang tak terlupakan, yang akhirnya membuatku tersadar dan membuka mata, kemudian bangkit dari keterpurukan dan kembali termotivasi untuk melanjutkan hari dengan penuh percaya diri. YES YOU'RE RIGHT!

Seberapa banyak pengalaman dalam hidupmu? Dan seberapa dalam kamu memaknai "Pengalaman adalah guru terbaik"? Think again....

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#CatatanPerjalanan Suku Dayak Bumi Segandu - Indramayu

Hei there! Let me tell you something :p Ya, sesuatu yg menurut saya amat sangat luar biasa..........hip! hip! horee! :D :D Bulan april ini beda sama bulan-bulan sebelumnya, bulan-bulan kemaren diakhiri dengan tulisan-tulisan yg isinya ambisi, bulan ini diakhiri dengan pengalaman yg amat sangat luar biasa hip! hip! horeee! :D Bukan seberapa banyak uang yg harus dikeluarkan demi mendapatkan fasilitas yg layak, tapi dibalik itu semua ada sebuah pengalaman yg JAUH LEBIH BERHARGA! Dan akhirnya? Jerih payah, sibuknya dan mondar-mandir kesana-kemari itu dibayar dengan lancar dan suksesnya acara ini. Aaaaaah! Than's God <3 :)) Ada banyak hal yg bikin pusing kepala sebelum berangkat ke Indramayu-Kuningan ini, mulai dari biaya, persiapan tempat, teknisi, dll nya itu ohemjiiiii! But at least......it's magic! Hahahaa nggak ada satu hal pun yg mengecewakan :)) 29 April 2012, 05:00 WIB Jebar, jebur mandi buru-buru. Gimana enggak? Udah semangat banget ini datengnya, hahaha bik

#CatatanPerjalanan Paseban Tri Panca Tunggal (Desa Cigugur Kuningan)

Taraaaa!! This is the second observation yuhuuu~ Waktu nyampe di desa ini, kita disambut sama pihak desa ini. Disini masih keturunan kerajaan sunda gitu, cuma lupa namanya apaan :p ini Pimpinan Desa Cigugur (kiri) namanya Ramanda Pangeran Djati Kususuma, punya anak namanya (kanan) Rama Anom. Asli kondisi disini sundaaaaaa banget! Mulai dari makan malamnya, bajunya, sama orang-orang yang ada di keraton itu :D Yg pake baju item-iyem sama iket kepala ini yg nganterin kita kerumah warga-warga yg rumahnya boleh kita tumpangin buat nginep wuehehehhe :p Ditengah-tengah jalan raya, di depan keraton ada patung ini hahahaaa :D Nah di desa ini, kita pada nginep di rumah-rumah warga. Kebagian homestay yg kedua dirumah Bu Murnah yipiiiiiy :p Cringgg!! Penghuni homestay 2 : (kiri-kanan) Gracya Yunita Silitonga, Fransiska Christanti, Tiara Sakti Nurcahyani,  Mentari Apriyani dan saya yg fotoin :p Kocak adalah ketika kita berlima masuk ke dalam rumah bu murnah te

Tertyn's Wedding Party♥

"The first time we met....." Love is not about you or me, BUT it's about us.. Dan jika hari ini kita beroleh hari bahagia, itu HANYA karena Tuhan yg mengizinkan pertemuan kita :)) A brand new day for our beloved aunty, Tertyn Tambunan with her husband Rencius Lodewiyk Hutauruk. May love always all around you forever <3 Be everlasting yaaa :))   Tertyn Tambunan & Rencius Lodewiyk Hutauruk But I loved this moment, huwaaaah The Tambunans Freak Family yuhuuuuu~ (kiri-kanan) Kato Tambunan, Feres Tambunan, Novi Tambunan, Katarina Tambunan, Elisa Tambunan, Grace Tambunan, Rico Tambunan, Gerard Tambunan Herson Pasaribu (bere) with Kato Tambunan And Im with freaky boy wkakakak :D Martha Simanjuntak - Novi Tambunan PART OF TAMBUNANS FREAK FAMILY :P